Serba Serbi Henna Pengantin dan Makna Pada Setiap Motif-nya

15 Jul 2024
Serba Serbi Henna Pengantin dan Makna Pada Setiap Motif-nya

Beautyhaul Squad, siapa disini yang berencana untuk menggunakan henna di hari pernikahannya? Tapi, sebelumnya udah pada tau belum apa itu henna, serta asal-usul dan arti pada setiap motif henna? Kalau belum, yuk bahas bareng MinBHI soal Henna atau seni melukis tubuh pada area tangan dan kaki yang biasa dilakukan oleh calon mempelai wanita.

 

 

Asal usul Henna Pengantin

 

Konon Henna atau bisa disebut juga Mahendi berawal dari India, Pakistan, Iran, Palestina, Mesir, dan negara Timur Tengah lainnya. Henna dibuat menggunakan tanaman lawsonia inermis, yang ditumbuk dan dicampur dengan air, perasan lemon, dan kayu putih agar menjadi pasta. Setelah itu, henna didiamkan selama semalaman dan dimasukan kedalam plastik agar mudah diaplikasikannya. Biasanya, seni menghias tubuh menggunakan henna pada calon pengantin dilakukan pada ujung jari hingga area lengan. Kalau jaman sekarang, BeautyHaul Squad juga bisa lho, menulis inisial nama calon pengantin pria menggunakan henna pada bagian jari ataupun lengan.



Makna Henna Pengantin

 

Menggunakan henna pada acara pernikahan ternyata juga memiliki makna yang berbeda-beda. Di daerah Aceh, henna melambangkan seorang istri sebagai obat pelipur lara, sekaligus penerang dalam rumah tangga. Sedangkan bagi masyarakat Bugis, henna dipercayai sebagai simbol pacci atau pacar yang memiliki arti kesucian bagi calon pengantin. 

 

Pada tradisi di negara Timur Tengah, setelah calon pengantin wanita mengaplikasikan henna, akan ada acara henna night yang dilakukan secara tertutup dan tidak boleh ada pria yang melihat. Acara ini dilakukan sebagai simbol harapan agar calon pengantin terhindar dari roh jahat dan proses pernikahan bisa berjalan dengan lancar. Next, kita lihat yuk, arti-arti pada setiap motif henna pengantin.



Arti dan motif-motif henna pengantin

 

1. Henna motif bunga

 

 

Salah satu motif henna yang paling umum dan sering dipakai oleh pengantin adalah motif bunga. Pola bunga dipercayai sebagai lambang kebahagiaan dari momen bersatunya pasangan pengantin dan kedua belah pihak keluarga. Beberapa orang juga percaya bahwa corak bunga merupakan simbol dari kecantikan dan kesuburan.

 

2. Henna Motif Kupu-Kupu

 

 

Kupu-kupu yang melalui proses metamorfosis sebelum menjadi hewan yang indah, digunakan sebagai simbol untuk mengartikan transformasi istimewa bagi wanita berstatus single menjadi seorang istri. Selain itu, motif kupu-kupu pada henna sering dikaitkan dengan harapan akan masa depan yang cerah dan bahagia.

 

3. Henna motif bulan dan bintang

 

 

 

 

 

 

Selain motif bunga dan kupu-kupu, motif bulan dan bintang merupakan lambang pengharapan agar pasangan pengantin segera dikaruniai seorang keturunan. Lalu, ketika motif bulan dan bintang ini dilukis dalam posisi sejajar, maka motif henna ini memiliki arti sebagai perlindungan dan kesehatan bagi kedua calon pengantin.

 

4. Henna motif daun dan tanaman rambat

 

 

Henna dengan motif daun yang membentuk tanaman rambat dilukis dengan model  berliku-liku. Motif ini memiliki arti pertumbuhan dan ikatan antara kedua pasangan agar memiliki hubungan yang erat dan kuat. Selain itu, motif daun juga menjadi doa agar usia pernikahan akan terus langgeng hingga maut memisahkan.

 

5. Henna motif kain (lace)

 

 

Last, henna dengan motif kain dan tali ini terinspirasi dari keindahan dan kerumitan motif pada kain yang elegan dan rumit. Motif renda pada kain ini melambangkan cinta yang abadi dan mendalam antara pasangan. Dengan polanya yang rumit, motif henna ini juga dilambangkan sebagai perlindungan dari energi negatif dan pembawa keberuntungan.



So BeautyHaul Squad, itu dia penjelasan singkat tentang henna pengantin serta arti dari setiap motif henna. Kira-kira motif apa yang mau kamu pakai di hari pernikahan kamu? Jangan lupa juga stay tuned di blog Beautyhaul untuk baca artikel menarik lainnya!

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYEBROWS
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
GWP
Back
OTHERS
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping