Lebih Paham Emosi, Lebih Kenal Diri Sendiri Melalui Film Inside Out

04 Jul 2024
Lebih Paham Emosi, Lebih Kenal Diri Sendiri Melalui Film Inside Out

BeautyHaul Squad, sekarang sedang tayang film Inside Out di bioskop! Film yang menceritakan tentang seseorang, Riley, yang memiliki inside battle dalam dirinya. Berikut takeaways yang bisa kalian ambil dalam film Inside Out.

 

Source: Disney Pixar

 

Belajar Lima Dasar Emosi dari Inside Out I

Dari film Inside Out 1, MinBHI akhirnya belajar soal beragam emosi. Film ini mengkategorikan emosi menjadi lima, yaitu: Joy, Sadness, Fear, Anger, dan

Disgust

 

 

Riley, anak kecil yang menjadi tokoh utama di film ini memberikan banyak pelajaran tentang pentingnya memiliki, merasakan, sekaligus memahami emosi tersebut. Ada salah satu momen yang mengajarkan MinBHI bahwa kebahagiaan gak melulu soal makan enak, nonton konser, atau punya gadget terbaru. 

 

Momen ini tergambar jelas saat Riley mengurungkan keinginannya untuk pergi dari rumah.  Pilihannya ini membuatnya kembali dengan keluarganya, yang memberikannya perasaan aman dan bahagia saat berkumpul orang tuanya.

 

Source: Disney Pixar



Jangan memaksa untuk selalu merasakan Happiness

 

Film Inside Out juga memperlihatkan bagaimana Riley ‘dipaksa’ untuk bahagia (Joy)  karena keputusan orang tuanya untuk pindah tempat tinggal. Kondisi ini membuat Riley memaksa dirinya untuk tetap bahagia, karena merasa tidak punya banyak pilihan.

Hal ini justru mengakibatkan perasaan stres yang tidak karuan. Sehingga munculah rasa marah (Anger).

 

Dari sini kita belajar, memprioritaskan rasa bahagia (Joy) bukan berarti menghilangkan perasaan sedih (Sadness) dari dalam diri kita. 

 

Source: Adios Lounge



Emosi Baru di Inside Out II:  Anxiety, Ennui, Envy, dan Embarrassment

 

Source: Disney Pixar

 

Di Inside Out II, Riley diceritakan sudah mulai bertumbuh sebagai remaja berumur 13 tahun. Ada emosi baru yang Riley rasakan, yaitu Anxiety, Ennui, Envy, dan Embarrassment.

Meskipun memiliki konotasi arti yang kurang baik, namun kenyataannya, empat emosi tersebut nyata kita rasakan sehari-hari, lho!

 

  • Anxiety

Tahu kok, perasaan cemas itu tidak enak dan bikin kita gak tenang. Namun ternyata, rasa cemas butuh kita miliki supaya hal ini menjadi ‘alarm’ untuk diri kita, sebelum merasakan emosi lainnya.

 

  • Embarrassment

Rasa malu sering sekali kita rasakan, misalnya pas ketemu orang baru. Biasanya mendadak jadi diam atau bersembunyi dari kerumunan orang. Meski begitu, gak selamanya rasa malu jadi kekurangan lho.

Emosi ini bisa memacu diri kita agar kita agar menjadi pribadi yang lebih percaya diri. 

 

  • Envy

Rasa iri biasanya muncul saat membandingkan diri dengan orang lain. Kondisi ini seringnya bikin kalian berharap untuk memiliki hal yang serupa dengan orang tersebut.

Sebenarnya, rasa iri ini bisa menjadi motivasi yang baik, asal kalian juga mau belajar dan berusaha. Kalian bisa lakukan hal apa pun untuk mendapatkan hal yang kalian inginkan, tentunya selama hal tersebut baik dan positif ya.

 

  • Ennui

Ennui merupakan perasaan bosan, hilangnya ketertarikan akan suatu hal. Yang bisa kita lakukan adalah mengubah hal yang monoton, misalnya mencari suasana kerja yang baru, kenalan dengan orang baru, atau simply just rest!


Kebanyakan orang menganggap perasaan di atas harus dihindari, padahal perasaan kalian valid, ada saatnya kalian merasa at the lowest point of our lives, and that’s normal!

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYEBROWS
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
GWP
Back
OTHERS
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping