Kenali Perbedaan Body Lotion dan Body Serum, Jangan Sampai Keliru!

09 Nov 2021
perbedaan body serum dan body lotion

Tidak hanya kulit wajah, kulit tubuh juga perlu dirawat untuk menjaga kesehatannya dan mencegah berbagai permasalahan kulit. Dalam hal ini, ada beberapa produk body care yang bisa kamu gunakan seperti body lotion dan body serum. 

 

Sayangnya, masih banyak orang yang salah kaprah dan mengira keduanya merupakan produk yang sama. Lantas apa perbedaan body lotion dan body serum?

 

1. Body Lotion

Body lotion adalah salah satu produk body care yang memiliki fungsi utama sebagai penjaga kelembaban pada permukaan kulit. Biasanya, pada body lotion juga diberi kandungan SPF sehingga tidak hanya melembabkan tetapi juga melindungi kulit.  

 

Body lotion mempunyai tekstur yang cenderung encer, hal ini bertujuan agar lebih cepat terserap oleh kulit saat digunakan. Produk ini merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan ketika cuaca mulai panas atau pada iklim yang lembab. 

 

Buat #beautyhaulsquad yang mempunyai kulit cenderung kering, kulit normal atau bahkan tidak memiliki permasalahan kulit, dianjurkan untuk menggunakan body lotion agar kulit tetap terhidrasi dan sehat.

 

2. Body Serum

Dulunya, produk body serum untuk perawatan tubuh belum populer, tidak seperti body lotion yang sudah sering digunakan sehari-hari.

 

Saat ini, banyak brand kecantikan yang mulai mempopulerkan penggunaan body serum dalam rangkaian perawatan tubuh. 

 

Body serum adalah salah satu produk body care yang mengandung sejumlah bahan aktif di dalamnya dan berfungsi untuk melembabkan dan menutrisi kulit.

 

Meski body serum juga bisa dimanfaatkan untuk melembabkan dan menghidrasi kulit, namun fungsi body serum bisa lebih beragam bila dibanding body lotion.

 

Produk body serum umumnya diformulasi secara khusus berdasar skin concern. Sama halnya dengan serum wajah, pada body serum juga mengandung ingredient active dengan konsentrasi tinggi.

 

Body serum juga jauh lebih cair bila dibandingkan body lotion, sebab umumnya produk ini terbuat dari bahan berbasis air. 

 

Teksturnya yang ringan dan water based membuat body serum jauh lebih mudah menyerap ke dalam kulit, sangat cocok bagi anda yang kurang suka dengan rasa lengket dari body lotion.

 

Baca juga: Wajib Dilakukan! Begini Urutan Body Care Routine untuk Mencerahkan Kulit

 

Apa Perbedaan Body Serum dan Body Lotion?

Setelah mengenal dasar dari kedua produk ini, sekarang saatnya untuk mengetahui secara jelas apa saja perbedaan dari produk body care ini.

 

1. Kandungan dalam Produk

Body serum umumnya mempunyai kandungan bahan aktif yang lebih banyak dengan konsentrasi tinggi. Kandungannya antara lain lactic acid, glycolic acid, vitamin dan antioksidan yang bekerja dengan baik untuk mencegah kulit menjadi kering. 

 

Sementara itu, pada body lotion kandungan bahan aktif didalamnya lebih rendah karena tujuan utama body lotion adalah melembabkan.

 

2. Cara Kerja

Cara kerja body serum adalah dengan melindungi dan menghidrasi kulit. Kandungan body serum yang terdiri atas molekul molekul kecil membuatnya mudah diserap oleh kulit, sehingga cepat merangsang pembentukan barrier alami.

 

Sedangkan body lotion bekerja dengan sempurna dari bahaya luar seperti debu, sinar matahari, dan lain sebagainya. 

 

Produk ini bertujuan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan menciptakan lapisan pelindung di atas kulit. Karena cara kerjanya berfokus di permukaan kulit, terkadang kulit akan terasa lengket setelah menggunakan body lotion.

 

Baca jugaEmpat Ciri-ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Alami Memperbaikinya

 

3. Penggunaan

Perbedaan body serum dan body lotion berikutnya yaitu dari cara penggunaannya. Cara pakai body lotion lebih mudah karena cenderung ringan dan bisa digunakan oleh semua jenis kulit. 

 

Sedangkan fungsi body serum baru terlihat maksimal jika digunakan pada pemilik dengan jenis kulit kering dan kasar. Lalu bagaimana urutan penggunaannya, pakai body serum dulu atau body lotion?

 

Masalah urutan pemakaian body serum dan body lotion pun juga ada urutannya. Setelah mandi gunakan body serum terlebih dahulu. Baru dilanjutkan dengan body lotion untuk menjaga permukaan kulit.

 

Body Lotion VS Body Serum? Mana yang Lebih Baik?

Setelah mengetahui bedanya body serum dan body lotion, kalian pasti bertanya tanya mana yang sebaiknya dipilih antara body lotion atau body serum?

 

Pada dasarnya, kedua produk tersebut mempunyai manfaat yang baik untuk kulit. Apabila kamu ingin memperbaiki kulit tubuh secara menyeluruh dan lebih mendalam menggunakan body serum bisa jadi solusi.

 

Sementara bagi kamu yang mempunyai kulit normal tanpa ada permasalahan kulit yang berarti, maka menggunakan body lotion saja sebenarnya sudah cukup. 

 

Secara garis besar baik body lotion dan body serum memang berbeda meski kurang lebih keduanya sama sama bisa digunakan untuk melembabkan kulit.

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYEBROWS
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
GWP
Back
OTHERS
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping