Jerawat Timbul di Tempat Gak Lazim? Pahami Penyebabnya di Sini!

04 Jul 2024
Jerawat Timbul di Tempat Gak Lazim? Pahami Penyebabnya di Sini!

Ngomongin soal jerawat, masalah kulit yang satu ini sering banget muncul tiba-tiba dan seringkali di tempat gak wajar atau situ-situ lagi. Letak jerawat dan penyebabnya juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh kamu sedang dalam keadaan kurang sehat. Bahas bareng MinBHI yuk!

 

1. Jerawat di dahi dan sekitar garis rambut

 

Jerawat yang muncul di sekitar garis rambut dan dahi dapat disebabkan oleh pori-pori di area dahi dan sekitarnya tertutup atau tersumbat, serta penggunaan perawatan rambut seperti shampo yang tidak cocok. Penyebab lain yang mungkin membuat jerawat muncul adalah stres. Jerawat di bagian dahi bisa menandakan ada yang bermasalah dengan saluran pencernaan kamu. Untuk menghindarinya, kurangi makanan junk food atau berlemak, serta perbanyak minum air putih.

 

Source: Gladskin

 


2. Jerawat di hidung

 

Jerawat yang muncul pada area hidung atau T-zone biasanya disebabkan oleh produksi minyak berlebih. Selain itu, waktu tidur yang kurang cukup juga dapat menyebabkan munculnya jerawat di area T-zone. Tidak hanya itu, hidung terhubung dengan jantung, sehingga jika kamu punya jerawat yang tumbuh di area hidung, bisa jadi ada masalah kecil dengan organ jantungmu. Jadi, untuk menghindarinya, BeautyHaul Squadwajib memperbaiki gaya hidup, mulai dari asupan, waktu olahraga dan cukup beristirahat.

 


Source: Cureskin

 

3. Jerawat di pipi

 

BeautyHaul Squad, udah yakin belum kalau selama ini layar handphone yang sering bersentuhan dengan pipi kamu saat telponan sudah bersih? Ternyata handphone termasuk benda paling kotor yang selalu disentuh dengan tangan dan tanpa sadar terkena dengan kulit area pipi, lho. Selain itu, tidak mengganti sarung bantal dalam waktu yang lama juga meningkatkan risiko muncul jerawat di area ini. Tidak hanya itu, area pipi berhubungan dengan sistem pernapasan. Jadi selain sering membersihkan layar handphone, mengganti sarung bantal, ada baiknya kamu menghindari asap rokok juga ya.

 

Source: reddit

 


4. Jerawat di dagu

 

Faktor hormon yang tidak seimbang juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di area dagu. Hormon yang tidak stabil atau naik turun ini disebabkan oleh kelebihan androgen, yang merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak secara berlebih. Kondisi ini menyebabkan penyumbatan di pori-pori. Selain itu, siklus menstruasi juga dapat mempengaruhi kadar hormon. Kalau BeautyHaul Squad punya jerawat di area dagu, kamu perlu rajin olahraga, istirahat yang cukup, menghindari stress, serta rajin makan sayur dan buah-buahan.

 

Source: drzenovia

 

5. Jerawat di telinga

 

Meskipun jarang muncul, tapi sekalinya jerawat di telinga ini muncul sangat mengganggu ya BeautyHaul Squad. Area telinga terhubung dengan ginjal, jadi, jika ada jerawat di sekitar area telinga, bisa jadi tandanya tubuhmu sedang mengalami dehidrasi. Cara mudah untuk mengatasinya adalah rajin konsumsi air putih sebanyak dua liter sehari, agar cairan tubuh terpenuhi dan ginjal tetap bersih. Selain itu, kurangi juga minum minuman bersoda dan kopi yang tidak baik untuk ginjal. Kamu juga bisa konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka dan jeruk.

 

Source: alodokter

 

6. Jerawat di leher

 

Tidak hanya akibat pori-pori yang tersumbat di area leher, jerawat yang muncul di area ini juga dapat disebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Penyebab jerawat muncul di sekitar leher adalah kelenjar adrenal, konsumsi gula, dan stres yang berlebihan. MinBHI sarankan untuk kamu yang punya masalah jerawat di sekitar area ini untuk rajin membersihkan area leher dengan sabun dan air hangat, dan jangan lupa untuk istirahat yang cukup dan berkualitas.

 

Source: Halodoc

 

7. Jerawat di antara alis

 

BeautyHaul Squad tahu gak kalau diantara kedua alis adalah zona alergi makanan yang muncul pertama kali? Faktor pemicu munculnya jerawat di antara alis adalah intoleransi laktosa. Gangguan pencernaan ini diakibatkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mencerna makanan atau minuman yang mengandung laktosa, seperti susu dan produk olahan susu. Selain itu jika kamu mencukur alis, berikan perawatan terlebih dengan menggunakan produk asam salisilat untuk menghindari rambut tumbuh ke dalam yang menyebabkan jerawat.

 

Source: The List



Well, BeautyHaul Squad itu dia penyebab macam-macam letak jerawat yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa untuk tetap jaga pola hidup supaya tubuh dan kulit tetap sehat. Stay tuned terus di blog BeautyHaul untuk baca artikel menarik lainnya!

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYEBROWS
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
GWP
Back
OTHERS
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping