Deretan Pembawa Baki Bendera Paskibraka saat Upacara 17 Agustus di Istana

16 Aug 2024
Deretan Pembawa Baki Bendera Paskibraka saat Upacara 17 Agustus di Istana

Beautyhaul Squad, setiap tanggal 17 Agustus, ada barisan Paskibra (pasukan pengibar bendera), yang bertugas untuk mengibarkan bendera di Istana Merdeka. Nah mereka inilah yang biasa kita sebut dengan Paskibraka (pasukan pengibar bendera pusaka).



Berapa banyak anggota Paskibraka

 

Saat mengibarkan bendera di Istana Merdeka, Paskibraka akan dibagi menjadi tiga kelompok:

  • Pasukan 17: Pengiring/pemandu

  • Pasukan 8: Pembawa bendera

  • Pasukan 45: Pengawal

 

Masing-masing angka tersebut mewakili jumlah pasukan di setiap barisan. Pasukan 17 dan 8 merupakan anggota Paskibra yang dipilih dari seluruh wilayah Indonesia, sedangkan pasukan 45 merupakan anggota Paspampres TNI. Dalam pasukan 8, nantinya akan termasuk satu pembawa baki bendera serta ada tambahan 4 personil Paspampres TNI.

 

Tentang pembawa baki bendera

 

Selain para anggota Paskibraka yang tentunya terpilih berdasarkan seleksi yang ketat, ada satu hal yang jadi perhatian lainnya: Pembawa baki bendera. Biasanya, pembawa baki ada di deretan pasukan 8. Tentunya, pembawa baki ini menjadi yang paling sering disorot pada setiap pelaksanaan upacara bendera di Istana Merdeka!

 

Sebagai pembawa baki bendera, orang tersebut harus melalui tangga dengan melihat lurus ke arah podium presiden, tanpa melihat ke bawah. Setelah berhasil mengambil bendera, orang tersebut kembali harus melewati anak tangga, tanpa menengok ke belakang dan tentu berdiri tegap. Ini lah yang bikin pembawa baki bendera kerap menarik perhatian!

 

Nah, ini dia beberapa profil wanita yang pernah menjadi pembawa baki bendera di Istana Merdeka!

 


1. I Dewa Ayu Firsty

 

 

I Dewa Ayu Firsty merupakan pembawa baki bendera Istana Merdeka di tahun 2022. Wanita yang akrab dipanggil Firsty ini merupakan salah satu di antara 68 putra-putri Indonesia yang terpilih menjadi Paskibraka saat ulang tahun RI ke-77. 

Dirinya diketahui mengikuti tahap seleksi untuk anggota Paskibraka di sekolahnya, yaitu SMA Negeri 3 Kudus, dan berhasil mewakili kotanya sampai di tahap provinsi.

 


2. Ruth Purba

 

 

Setelah 10 kali mencoba untuk bisa menjadi seorang pembawa baki bendera, akhirnya Ruth Celine Eglesya Purba terpilih juga! Saat upacara bendera di Istana Merdeka tahun 2017, Ruth mengemban amanah tersebut dengan sempurna!

 

Ruth merupakan wakil dari Binjai, Sumatera Utara. Binjai sendiri diketahui tidak pernah mengirimkan wakil ke Istana Merdeka hampir 30 tahun lamanya. Ruth merupakan salah satu breakthrough yang berhasil membawa nama Binjai di kancah nasional. Hebat!

 


3. Tarrisa Maharani Dewi

 

 

Tarrisa, perwakilan dari Jawa Barat ini, nasibnya juga hampir mirip dengan Ruth.

Kalau Ruth tadi sudah 10 kali mencoba menjadi pembawa baki, Tarrisa juga diketahui sudah latihan menjadi pembawa baki bendera sampai 9 kali percobaan. 

 

Saat dipilih menjadi perwakilan dari Jawa Barat, perempuan kelahiran Palembang ini dilatih di pusat pendidikan khusus Paskibra di Cibubur. Memang, selama di Cibubur, Tarrisa sudah dilirik berkali-kali untuk menjadi seorang pembawa baki. Hingga akhirnya, dirinya masuk ke pasukan 8 dan menjadi pembawa baki bendera saat upacara bendera Istana Merdeka tahun 2018.



Beautyhaul Squad, MinBHI jadi gak sabar deh nungguin siapa yang jadi pembawa baki bendera di upacara bendera tahun ini. Tahun 2024 ini juga cukup spesial, karena upacara 17 Agustus akan dilaksanakan di dua tempat, yaitu Istana Merdeka dan IKN!

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYEBROWS
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
GWP
Back
OTHERS
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping