13 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Supaya Kenyal dan Glowing

31 Dec 2021
cara mengatasi kulit kering pada wajah

Kondisi kulit yang kering dan kusam menjadi salah satu permasalahan kulit wajah yang banyak dialami oleh orang-orang. Berikut bagaimana cara mengatasi kulit kering dan kusam yang bisa #BeautyHaulSquad coba lakukan.

 

 

1. Gunakan Sabun Wajah yang Sesuai

Tidak sedikit orang yang menggunakan produk sabun pembersih wajah dengan asal pilih. Padahal pemilihan sabun ini perlu diperhatikan karena bisa berdampak pada kulit, seperti misalnya justru mengakibatkan kulit kering. 

 

Saat baru mulai menggunakan skincare, sebaiknya kamu memilih sabun dengan kandungan ringan serta dilengkapi dengan pelembab. Sebaliknya, hindari sabun yang mengandung pewangi buatan, pewarna, dan alkohol.

 

Baca juga: Agar Tak Salah Pilih Skincare, Yuk Kenali Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

 

 

2. Jangan Cuci Muka Terlalu Sering

Setelah mendapatkan sabun pembersih wajah yang tepat, jangan lantas mencuci muka terlalu sering. Bukannya membuat wajah menjadi glowing, yang ada justru kulit akan terasa kering. 

 

Dalam hal ini, anda disarankan untuk mencuci muka sebanyak 1 sampai 2 kali sehari. Bisa juga tiga kali, setelah penggunaan make up. Tujuannya adalah agar pori pori tidak tersumbat dan menimbulkan jerawat.

 

 

3. Jangan Lupa Pakai Pelembap

Bagi pemilik kulit kering, Pelembap merupakan item wajib yang harus digunakan secara teratur. Kamu bisa menambahkan pelembap dalam rangkaian skincare routine. 

 

Fungsi pelembap ini sendiri adalah untuk mengunci kelembapan wajah dengan cara meningkatkan kandungan air pada kulit. Bagi pemilik kulit kering, kamu bisa coba menggunakan pelembap yang mengandung ceramide, glycerin, hyaluronic acid dan lanolin.

 

 

4. Aplikasikan Sunscreen

Penggunaan sunscreen atau tabir surya juga tidak boleh dilewatkan dalam rangkaian skincare routine. Sebab paparan sinar matahari yang berlebihan bisa membuat kulit menjadi kering. 

 

Sehingga mengaplikasikan sunscreen dapat mengurangi bahaya dari paparan sinar matahari berlebih tersebut. Agar lebih efektif, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15.

 

Baca juga: 15 Rekomendasi Sunscreen yang Mengandung Niacinamide

 

 

5. Lakukan Eksfoliasi Wajah

Untuk mengatasi kulit yang kering dan kusam, kamu bisa melakukan eksfoliasi wajah. Ini merupakan proses pengangkatan sel sel kulit mati yang membuat wajah menjadi kering dan kusam. 

 

Dimana eksfoliasi sendiri bisa dilakukan dengan bahan kimia maupun alat khusus, contohnya facial scrub, cleansing brush, dan washcloth.

 

 

6. Rutin Menggunakan Sheet Mask

Sheet mask menjadi salah satu produk skincare yang sangat bermanfaat dalam membantu melembabkan wajah dan sebagai cara mengatasi kulit kering. 

 

Bahkan sheet mask ini bisa menjadi teman terbaik untuk me time di akhir pekan. Selain melembabkan, sheet mask sendiri bisa membantu menyegarkan dan mencerahkan kulit wajah yang lelah.

 

 

7. Menggunakan Masker Alpukat

Selain sheet mask, masker alami seperti alpukat atau produk masker kecantikan lainnya yang mengandung bahan tersebut bisa menjadi solusi. Pasalnya alpukat sendiri selain memiliki rasa yang enak, juga cukup efektif dalam melembabkan kulit. 

 

Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan buah alpukat kemudian diaplikasikan pada wajah selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas wajah sampai bersih.

 

 

8. Penuhi Kebutuhan Asupan Air

Memenuhi kebutuhan asupan air juga bisa membantu menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik sehingga terhindar dari masalah kulit kering. Selain baik untuk kesehatan kulit, hal ini juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

 

 

9. Mengoleskan Minyak Kelapa

Cara mengatasi kulit kering juga bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak kelapa pada wajah. Sebab minyak kelapa tersebut mempunyai sifat emolien yang bisa mengisi ruang diantara sel sel kulit. 

 

Alhasil permukaan kulit pun akan menjadi lebih halus dan tidak kering. Karena minyak kelapa ini termasuk cukup lembut, sehingga bisa digunakan untuk sehari-hari.

 

 

10. Keringkan Wajah dengan Tepat

Tips agar kulit wajah tidak kering selanjutnya adalah dengan mengeringkan wajah setelah mandi. Selama ini banyak orang yang terbiasa untuk meninggalkan wajah tetap dalam keadaan basah. 

 

Jika kamu salah satunya, sebaiknya mulai tinggalkan kebiasaan tersebut mulai sekarang. Karena setelah air menguap, Hal ini justru hanya membuat kulitmu menjadi lebih kering dari sebelumnya.

 

 

11. Jangan Perlakukan Wajah Terlalu Kasar

Selain mengeringkan wajah dengan tepat, sebaiknya #BeautyHaulSquad juga memperhatikan bagaimana cara membasuh wajah ketika mencuci muka maupun mengeringkannya dengan handuk. 

 

Mungkin, bagi sebagian orang proses mencuci dan mengeringkan adalah hal yang biasa. Namun, perlu diketahui bahwa cara yang terlalu kasar bisa merusak lapisan kulit terluar dan membuatnya menjadi kering serta kasar.

 

Baca juga: Ingin Tahu Skincare untuk Kulit Kering? Yuk Simak Ulasannya Berikut Ini!

 

 

12. Jangan Mandi Terlalu Lama

Berendam dengan air hangat saat mandi tentunya terasa sangat nyaman, terlebih ketika selesai seharian lelah bekerja. Tapi sebaiknya jangan terlalu sering melakukan hal tersebut. 

 

Mandi menggunakan air panas sendiri bisa menghilangkan minyak alami pada wajah, sehingga ketika mandi terlalu lama akan membuat kulit menjadi kering.

 

 

13. Istirahat yang Cukup

Cara mengatasi kulit wajah kering dan kasar secara alami berikutnya yaitu dengan istirahat yang cukup. Meski terdengar sepele, nyatanya istirahat cukup akan membantu produksi kolagen menjadi lebih baik. Sehingga kulit akan kenyal, lembab dan juga cerah ketika bangun tidur. Jadi, tidur yang cukup bisa jadi solusi untuk kulit kering juga loh.

 

 

Itulah sederet cara mengatasi kulit kering pada wajah yang bisa kamu coba. Lakukan cara di atas secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Nantinya, kulit wajah akan terhidrasi dengan baik sehingga terasa kenyal dan glowing.

 

My Account
Sign In / Register
Back
Customer Care
Back
About Us
Back
Blog
Back
Tips & Tutorial
Back
Tipe Kulit
Back
Permasalahan Kulit
Back
CATEGORIES
Back
CONCERN
Back
BRAND
Back
MAKEUP
Back
SKINCARE
Back
HAIRCARE
Back
BATH & BODY
Back
ACCESSORIES
Back
FRAGRANCE
Back
OTHERS
Back
FACE
Back
EYEBROWS
Back
EYES
Back
LIPS
Back
CLEANSER
Back
MOISTURIZER
Back
TREATMENT
Back
SUN CARE
Back
SHAMPOO
Back
HAIR TREATMENT
Back
HAIR STYLING
Back
HAIR TOOLS
Back
CLEANSER
Back
BODY CARE
Back
NAILS
Back
OTHERS
Back
MAKEUP BRUSH
Back
MAKEUP TOOLS
Back
ORGANIZERS
Back
MANICURE & PEDICURE
Back
FACIAL
Back
FRAGRANCE
Back
OTHER FRAGRANCE
Back
GWP
Back
OTHERS
No Items



I am empty :(

Looks like you haven’t added anything to your cart yet

Subtotal
Rp 0
Checkout Start Shopping